• Laman

  • Kategori

Profil UPT PPNFI

Profil UPT Pengembangan Pendidikan Nonformal dan Informal Provinsi NTT


Nama                 :  UPT Pengembangan Pendidikan Nonformal dan Informal

Alamat              :  Jln. Perintis Kemerdekaan

No. Telepon      :  (0380) 831833

Kabupaten        :  Kupang

Propinsi             :  Nusa Tenggara Timur

Sejarah

UPT Pengembangan Pendidikan Nonformal dan Informal Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Provinsi Nusa Tenggara Timur pada awalnya bernama Balai Pendidikan Masyarakat. Secara operasional diresmikan oleh Dirjen Pendidikan Luar Sekolah Pemuda dan Olahraga (Diklusepora) Prof. Dr. W. P. Napitupulu, pada tahun 1987.

Secara kelembagaan Balai Pendidikan Masyarakat waktu itu berada dibawah pembinaan Bidang Pendidikan Masyarakat pada Kanwil Depdikbud Provinsi Nusa Tenggara Timur. Dengan mengemban fungsi sebagai berikut :

  1. Menyelenggarakan kegiatan Pendidikan dan Latihan
  2. Melaksanakan SPEM
  3. Pengembangan Sarana dan
  4. Pengembangan Kurikulum

Dalam melaksanakan fungsinya tersebut maka dibentuk 4 (empat) kelompok kerja dan masing-masing pokja bertanggung jawab langsung kepada Kepala Bidang Pendidikan Masyarakat yang waktu itu dijabat oleh Drs. Jefta Fanggidae.

Pada tahun 1990 Drs. Jefta FanggidaE selaku Kepala Bidang Pendidikan masyarakat meninggal dunia, semenjak itu tepatnya tahun 1990-1992 ditunjuk pelaksana harian Kepala Balai Pendidikan Masyarakat yaitu Kasi Sarana pada Bidang Pendidikan Masyarakat yaitu Saudara   Drs. Benyamin F. Benggu.

Berdasarkan Surat Keputusan Mendikbud Nomor : 022/O/1991 nama Balai Pendidikan Masyarakat dirubah menjadi Balai Pengembangan Kegiatan Belajar (BPKB) Nusa Tenggara Timur yang wilayah kerja meliputi Provinsi Nusa Tenggara Timur, Timor-Timur, Irian Jaya dan Maluku, dan secara kelembagaan merupakan UPT Ditjen Diklusepora yang berada didaerah dan secara teknis bertanggung jawab kepada Dirjen Diklusepora dan secara administratif bertanggung jawab kepada Kakanwil Depdikbud Provinsi Nusa Tenggara Timur. Di akhir tahun 1992 ditunjuk  Kepala  Balai    Pengembangan Kegiatan Belajar (BPKB) Nusa Tenggara Timur definitif yaitu Ny. Jeane A. Doko, BA, yang menjabat sampai dengan bulan Agustus 1996.

Seiring dengan pelaksanaan otonomi daerah tepatnya tahun 2001 terjadi perubahan struktural kelembagaan, menyebabkan nama Balai Pengembangan Kegiatan Belajar (BPKB) Nusa Tenggara Timur berubah menjadi UPTD Pengembangan Kegiatan Belajar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Nusa Tenggara Timur yang ditetapkan berdasarkan Peraturan Daerah Pemerintah Provinsi   Nusa Tenggara Timur nomor 5 tahun 2001 tanggal 11 Juni 2001, tentang Pembentukan Organisasi dan Tata Kerja UPTD Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Pada tahun 2004, Poltak Pasaribu, SH dimutasikan menjadi Kepala Sub Dinas Pendidikan Luar Sekolah pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Nusa Tenggara Timur dan digantikan oleh Drs. Melkianus Lima tahun 2004  bulan Maret 2006, seiring dengan waktu dan mutasi di tingkat Provinsi Nusa Tenggara Timur maka tahun 2006 sampai saat ini Kepala UPTD Pengembangan Kegiatan Belajar digantikan oleh Dra. Yohanna Lingu Lango yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Seksi PAUD dan Pendidikan Perempuan pada Sub Dinas Bina Pendidkan Luar Sekolah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Berdasarkan Surat Keputusan Gubernur NTT  Nomor : UP.013.1/1/30/JS/2009, tanggal 16 Februari 2009 Tentang Pengangkatan, Pemindahan dan Pemberhentian dari dan dalam Jabatan Struktural Eselon III dan Eselon IV Lingkup Pemerintahan Provinsi Nusa Tenggara Timur, dimana Dra. Yohana Lingu Lango digantikan Jabatannya Oleh : Dra. Maria Patricia Sumarni, MM dan Menjabati Kepala UPT Pengambangan Pendidikan Nonformal dan Informal Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Provinsi Nusa Tenggara Timur, Sampai dengan Sekarang.


V i s i

Unit Pengembangan Pendidikan Nonformal dan Informal Provinsi Nusa Tenggara Timur mempunyai visi sebagai berikut :

  • Terwujudnya Kualitas Model, Program Pendidikan Luar Sekolah yang handal sesuai dengan potensi dan kebutuhan belajar masyarakat

M i s i

Unit Pengembangan Pendidikan Nonformal dan Informal Provinsi Nusa Tenggara Timur Timur mempunyai misi sebagai berikut:

  • Mewujudkan hasil pengembangan dan ujicoba model program pendidikan luar sekolah yang sesuai dengan potensi dan kebutuhan belajar masyarakat.
  • Mewujudkan masyarakat yang gemar belajar untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan usaha produktif.

Organisasi

Sesuai Dengan Peraturan Gubernur Provinsi NTT, Nomor : 36 Tahun 2008 tentang Organisasi dan Tata Kerja

UPT Pengambangan Pendidikan Nonformal dan Informal Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Provinsi Nusa Tenggara Timur Memiliki Struktur Organisasi Sebagai Berikut :

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: